Rabu, 05 November 2014

Laporan Kesehatan Ikan - Identifikasi Parasit Pada Insang Ikan Air Tawar

Praktikum Kesehatan Ikan Ke-2                                                                            Jumat, 10 Oktober 2014
                                                                                                                              Asisten      : Jaenudin

IDENTIFIKASI PARASIT PADA IKAN AIR TAWAR (INSANG IKAN)

logo.jpg

Martina Sihombing
4443120722
Kelompok 3
Shift 3

JURUSAN PERIKANAN
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA
2014
ABSTRAK
            Praktikum mata kuliah Kesehatan Ikan dengan judul Identifikasi Parasit pada Ikan Air Tawar (Kulit Ikan) dilaksanakan pada hari Jumat, 3 Oktober 2014 dari pukul 10.00 WIB sampai dengan selesai, yang bertempat di Laboratorium BDP Jurusan Perikanan, Fakultas Pertanian, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Alat dan bahan yang digunakan adalah mikroskop, kaca preparat, kaca penjepit, pipet, pisau bedah, tissue, ikan mas (Cyprinus carpio), nila (Oreochromis niloticus), dan lele (Clarias batrachus) dengan kondisi sakit dan hidup, baskom, air, dan larutan fisiologis. Kondisi klinis pada ketiga ikan berbeda-beda. Pada ikan nila sudah mati dan tidak bernapas, dan mengapung di baskom. Kondisi ikan mas hidup dan bergerak lincah. Kondisi ikan lele hidup dan berenang dengan lincah. Dalam pengamatan ini terdapat 2 jenis parasit yang sering ditemui pada ikan air tawar yang sakit yaitu Dactylogyrus sp. pada ikan mas, Dactylogyrus sp. pada ikan nila, dan Myxobolus sp. pada ikan lele. Kedua parasit tersebut merupakan endoparasit atau sering disebut parasit internal, dimana parasit ini menyerang bagian dalam tubuh ikan yaitu insang.
Kata kunci: Endoparasit, Ikan, Parasit
PENDAHULUAN
            Kesehatan ikan mempelajari tentang kondisi normal atau tidaknya kondisi ikan, baik itu ikan air tawar maupun ikan air laut. Untuk mengetahui sehat atau tidaknya suatu ikan diperlukan suatu pengamatan dari bentuk fisik ikan, kecepatan renang, kelincahan bergerak, nafsu makan, dan lain-lain. Untuk mengetahui jenis
penyakit dari ikan tersebut dibutuhkan diagnosa yaitu perkiraan dari kondisi abnormalnya ikan. Dalam membudidaya atau memelihara ikan terdapat masalah dimana ikan yang dibudidaya atau dipelihara yaitu penyakit dari suatu parasit. Parasit merupakan organisme yang menumpang hidup di suatu inang atau tubuh organisme lain. Sifat dari parasit tersebut merugikan untuk tubuh inang yang ia
tumpangi. Untuk ikan air tawar yaitu ikan konsumsi termasuk ikan nila (Oreochromis niloticus), ikan mas (Cyprinus carpio), dan ikan lele (Clarias batrachus) banyak sekali parasit yang dapat menyerang ikan tersebut. Untuk mengetahui jenis parasit yang terdapat pada ikan tersebut bisa dilakukan identifikasi dimana penelitian atau pengamatan di laboratorium.
            Pada praktikum mata kuliah Kesehatan Ikan yang berjudul Identifikasi Parasit Pada Ikan Air Tawar (Insang Ikan) bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis parasit yang terdapat pada ikan air tawar yaitu ikan nila (Oreochromis niloticus), ikan mas (Cyprinus carpio), dan ikan lele (Clarias batrachus).

METODOLOGI
            Praktikum identifikasi parasit pada ikan air tawar yaitu yang terdapat pada bagian insang ikan dilakasanakan pada hari Jumat, 10 Oktober 2014 pada pukul 10.00 WIB sampai dengan selesai, bertempat di Laboratorium BDP Jurusan Perikanan, Fakultas Pertanian, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
            Pada praktikum identifikasi parasit pada ikan air tawar ini alat yang digunakan  adalah mikroskop untuk pengamatan parasit, kaca preparat untuk tempat objek pengamatan yaitu insang, pipet, pisau bedah untuk mengambil insang ikan yang sakit, dan kaca penjepit. Adapun bahan yang digunakan adalah 3 ekor ikan yaitu ikan mas, nila, dan lele dengan kondisi sakit dan hidup, larutan fisiologis, baskom sebagai wadah dan berisi air, dan tissue.
            Pertama-tama untuk praktikum ini siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Masukan 3 jenis ikan yang sakit dengan kondisi hidup ke dalam baskom yang berisi air. Amati tingkah laku tiap ikan. Ambil pisau bedah dan ambil insang ikan yang sakit. Insang dicacah-cacah sampai halus dan diberi larutan fisiologis selama 10 menit. Setelah itu, letakkan diatas kaca preparat dan kaca preparat dijepit dengan kaca penjepit lalu amati objek menggunakan mikroskop. Setelah pengamatan, masukkan jenis bakteri yang terdapat pada insang ikan tersebut ke dalam tabel pengamatan dan gambarkan jenis parasitnya serta identifikasi. Lakuakan prosedur tersebut pada, yaitu ikan mas (Cyprinus carpio), ikan nila (Oreochromis niloticus), dan ikan lele (Clarias batrachus) yang sedang sakit.

HASIL DAN PEMBAHASAN
            Dari beberapa sumber parasit-parasit dapat diketahui jenis parasit yang biasanya terdapat pada ikan air tawar yang sakit adalah sebagai berikut:
No.
Asal samel
Gambar Parasit
Nama Parasit
Jumlah parasit
1.
Ikan Nila



Dactylogyrus sp.
-
2.
Ikan Mas



Dactylogyrus sp.
1
3.
Ikan Lele



Myxobolus sp.
2
Ikan Nila (Oreochromis niloticus)
            Pada ikan nila (Oreochromis niloticus) terdapat parasit yaitu dengan jenis Dactylogyrus sp. Parasit ini merupakan parasit endoparasit yang sering terdapat pada ikan air tawar termasuk ikan nila. Parasit ini bersifat oviparous yang ditemukan menginfeksi ikan memiliki tubuh memanjang dan mempunyai empat tonjolan pada bagian anterior. Pada bagian anterior terdapat empat bintik mata. Ophispthathaptor terletak pada bagian posterior, dengan sepasang jangkar. Parasit ini sering menginfeksi ikan-ikan air tawar. Kondisi klinis ikan nila pada saat pengamatan yaitu ikan keadaan sudah mati dan tidak bernapas serta mengapung dipermukaan baskom. Pada ikan ini jumlah parasit yang ditemukan sebanyak dua Dactylogyrus sp.
Klasifikasi Dactylogyrus sp.
Kingdom         : Animalia
Filum               : Platyhelminthes
Kelas               : Monogenea
Ordo                : Dactylogrydea
Famili              : Dactylogrydae
Genus              : Dactylogyrus
Spesies            : Dactylogyrus sp.
Ikan Mas (Cyprinus carpio)
Pada ikan nila Mas (Cyprinus carpio) terdapat parasit yaitu dengan jenis Dactylogyrus sp. Parasit ini merupakan parasit endoparasit yang sering terdapat pada ikan air tawar termasuk ikan nila. Parasit ini bersifat oviparous yang ditemukan menginfeksi ikan memiliki tubuh memanjang dan mempunyai empat tonjolan pada bagian anterior. Pada bagian anterior terdapat empat bintik mata. Ophispthathaptor terletak pada bagian posterior, dengan sepasang jangkar. Parasit ini sering menginfeksi ikan-ikan air tawar. Kondisi klinis ikan mas pada saat pengamatan yaitu ikan keadaan masih hidup, dan kecepatan gerak dari si ikan sangat lincah. Pada ikan mas ini jumlah parasit yang ditemukan tidak ada.
Klasifikasi Dactylogyrus sp.
Kingdom         : Animalia
Filum               : Platyhelminthes
Kelas               : Monogenea
Ordo                : Dactylogrydea
Famili              : Dactylogrydae
Genus              : Dactylogyrus
Spesies            : Dactylogyrus sp.
Ikan Lele (Clarias batrachus)
              Pada ikan lele (Clarias batrachus) terdapat jenis parasit yaitu Myxobolus sp. parasit ini merupakan parasit endoparasit yang menyerang bagian insang ikan. Ikan yang terserang Myxobolus sp. menunjukkan gejala berupa timbulnya bintil-bintil kemerahan, bintil tersebut merupakan kumpulan spora dan menyebabkan tutup insang terbuka. Infeksi parasit ini dapat menyebabkan ganggan pernapasan sampai penurunan fungsi organ pernapasan. Kondisi klinis ikan lele pada saat diamati keadaannya masih hidup dan kecepatan renang masih lincah namun disekitar tubuh ikan banyak bintik merah.
Klasifikasi Myxobolus sp.
Kingdom         : Protozoa
Filum               : Myxozoa
Kelas               : Myxosporea
Ordo                : Bivalvulida
Famili              : Myxobolidae
Genus              : Myxobolus
Spesies            : Myxobolus sp.
              Dari hasil praktikum dan pengamatan pada ikan nila (Oreochromis niloticus) terdapat parasit yaitu Dactylogyrus sp. berjumlah dua spesies sedangkan pada ikan mas (Cyprinus carpio) tidak terdapat satu pun parasit ini bisa dikatakan ikan dalam keadaan sehat diketahui dari kondisi klinis dimana ikan masih bergerak atau berenang dengan lincah. Pada ikan lele (Clarias batrachus) terdapat dua jenis spesies parasit yang ditemukan yaitu Dactylogyrus sp. dan Myxobolus  sp. terbukti dari di daerah bagian tubuh ikan lele terdapat bintik merah.

KESIMPULAN DAN SARAN
            Praktikum identifikasi parasit pada ikan air tawar dimana sampel objeknya dari insang ikan yang sakit didapatkan bahwa pada ikan nila (Oreochromis niloticus) terdapat jenis parasit yaitu Dactylogyrus sp. berjumlah dua. Pada ikan mas (Cyprinus carpio) tidak terdapat parasit ditemukan dari hasil pengamatan namun jenis parasit yang sering ditemukan pada bagian insangnya ialah Dactylogyrus sp. Pada ikan lele (Clarias batrachus) terdapat jenis parasit yaitu Myxobolus sp. dan Dactylogyrus sp.
            Saran untuk praktikum kali ini sebaiknya sebelum kegiatan praktikum dimulai alat ataupun bahan yang ingin digunakan dicek terlebih dahulu. Apakah bisa digunakan atau tidak. Agar asisten maupun praktikan dapat melaksanakan kegiatan praktikum lebih kondusif dan mengefisiensikan waktu dengan baik.

DAFTAR PUSTAKA
Amirullah, Sonagar, Yayat Dhahiyat, dan Ike Rustikawati. 2012.  Intensitas Dan Prevalensi Ektoparasit Pada Ikan Di Hulu Sungai Cimanuk Kabupaten Garut, Jawa Barat. Jurnal Perikanan dan Kelautan. Vol. 3, No. 4.
Handayani, Retna, Y. T. Adiputra, dan Wardiyanto. 2014. Identifikasi Dan Keragaman Parasit Pada Ikan Mas Koki (Carrasius auratus) Dan Ikan Mas (Cyprinus carpio) Yang Berasal Dari Lampung. Aquasains: Jurnal Ilmu Perikanan Dan Sumberdaya Perairan.
Nurdiyanto, dan Sumartono. 2006. Model Distribusi Monogenea Pada Ikan Nila (Oreochromis niloticus) Di Daerah Istimewa Yogyakarta. UGM.
Sumiati, Tuti, dan Aryati, Yani. 2010. Penyakit Parasitik Ikan Hias Air Tawar. Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar. Pusat Riset Perikanan Budidaya: Bogor.
Y. Hadiroseyani, P. Hariyadi, dan S. Nuryati. 2006. Inventarisasi Parasit Lele Dumbo (Clarias sp.) Di Daerah Bogor. Jurnal Akuakultur Indonesia.

LAMPIRAN
Gambar 1. Alat bedah
Gambar 2. Ikan mas, nila, dan lele
Gambar 3. Ikan dibedah, insang diambil
Gambar 4. Insang dicacah
Gambar 5. Insang diberi larfis (10mnt)
Gambar 6. Insang di cawan petri
Gambar 6. Sampel insang

Gambar 7. Pengamatan parasit


Tidak ada komentar:

Posting Komentar